Kebijakan & Privasi

Kebijakan privasi ini (selanjutnya disebut “Kebijakan”) mengatur tentang cara kami, Zipp Digital terkait mengumpulkan dan memproses data Anda dalam Layanan Kami (sebagaimana didefinisikan di bawah). Kami memiliki komitmen tinggi terhadap perlindungan Data Pribadi (sebagaimana didefinisikan di bawah) Anda. Kami bertanggung jawab untuk menegakkan prinsip-prinsip pengurusan data dengan integritas yang penuh, sehingga keamanan Data Pribadi Anda menjadi prioritas utama Kami. Kebijakan ini berlaku untuk semua pengguna Layanan yang mengakses melalui situs web, aplikasi seluler, dan platform apapun lainnya yang Kami kelola (bersama-sama disebut “Platform”) termasuk setiap pihak manapun yang bekerjasama dengan Kami, kecuali diatur pada kebijakan privasi yang terpisah.

Kami mengembangkan berbagai layanan yang akan membantu Anda dalam pekerjaan sehubungan dengan bidang-bidang yang termasuk namun tidak terbatas pada HR (Human Resources), perpajakan, serta tidak menutup kemungkinan untuk bidang-bidang lainnya di kemudian hari.

Dengan menggunakan Personel, Anda mengakui bahwa Anda telah menyetujui dan terikat dengan ketentuan yang terdapat dalam Kebijakan ini. Oleh karena itu, Kami berharap Anda membaca Kebijakan ini untuk memastikan bahwa Anda mengerti bagaimana cara Kami menangani Data Pribadi Anda.

Definisi

“Data Pribadi” berarti data tentang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan Informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Informasi” berarti keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta, maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun nonelektronik.

“Hukum Yang Berlaku” berarti seluruh undang-undang, perundangan, peraturan, kebijakan peraturan, ordonansi, pengesahan, izin atau persyaratan dari peradilan, badan administratif, otoritas, atau badan pengawas apapun, yang berlaku dari waktu ke waktu.

Lingkup dan jenis data pribadi yang kami kumpulkan

Berikut adalah ruang lingkup dan jenis Data Pribadi tentang Anda yang akan Kami proses sehubungan dengan penggunaan Personel oleh Anda (sebagaimana berlaku, yakni tergantung kepada konteks atau keadaan dari pengumpulan dan sifat dari Layanan yang digunakan atau transaksi yang dilakukan):

  • Data Identitas, termasuk namun tidak terbatas pada nama, jenis kelamin, alamat, tempat dan tanggal lahir, dan selainnya;
  • Data Kontak, termasuk namun tidak terbatas pada alamat email, nomor telepon, dan selainnya;
  • Data Foto, termasuk namun tidak terbatas pada foto profil, foto absensi, dan selainnya;
  • Data yang berhubungan dengan aktivitas Anda pada saat penggunaan Personel, termasuk namun tidak terbatas pada, istilah yang Anda telusuri, tampilan dan interaksi dengan konten, aktivitas input dan proses transaksi, orang yang berkomunikasi dengan Anda atau berbagi konten dengan Anda, aktivitas di situs dan aplikasi Pihak Ketiga (sebagaimana didefinisikan di bawah) yang menggunakan Layanan Kami.
  • Data Lokasi. Kami mengumpulkan informasi tentang lokasi Anda saat Anda menggunakan Layanan Kami. Lokasi Anda dapat ditentukan dengan berbagai tingkat akurasi menggunakan GPS, alamat IP, data sensor dari perangkat Anda, Informasi tentang yang ada di dekat perangkat Anda, seperti titik akses Wi-Fi, menara seluler, dan perangkat yang mengaktifkan bluetooth.
    Misalnya, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan lokasi perangkat Android menggunakan aplikasi pengaturan perangkat. Kami menggunakan berbagai teknologi untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi, termasuk cookie, penyimpanan lokal, seperti penyimpanan browser web atau cache data aplikasi, database, dan log server.

Cara kami mengumpulkan data pribadi anda

Data Pribadi Anda dapat Kami kumpulkan melalui beberapa cara, yakni:

  • Melalui pemberian oleh Anda secara langsung ketika mendaftar atau menggunakan Personel atau ketika Anda menghubungi layanan pelanggan Kami;
  • Melalui pemberian oleh Anda melalui pihak ketiga tertentu;
  • Melalui Platform, browser, dan perangkat yang Anda gunakan;
    Informasi yang Kami kumpulkan meliputi ID unik, jenis dan pengaturan browser, jenis dan setelan perangkat, sistem operasi, informasi jaringan seluler yang mencakup nama operator dan nomor telepon, serta nomor versi aplikasi.
    Kami juga mengumpulkan informasi tentang interaksi aplikasi, browser, dan perangkat Anda dengan Layanan Kami, mencakup alamat IP, laporan kerusakan, aktivitas sistem, serta waktu, tanggal, dan URL perujuk permintaan Anda.

Jika Anda tidak login ke akun Personel, Kami menyimpan informasi yang Kami kumpulkan dengan ID unik yang terikat ke browser, aplikasi, atau perangkat yang sedang Anda gunakan. Jika Anda login, Kami juga mengumpulkan informasi yang Kami simpan di akun Personel Anda, yang Kami anggap sebagai informasi pribadi.

Apabila Anda menyediakan kepada Kami Data Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (seperti Data Pribadi pasangan Anda, anggota keluarga, atau pihak manapun lainnya), Anda menyatakan bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari individu terkait tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Data Pribadi mereka oleh Kami.

Penggunaan data pribadi anda

Atas Data Pribadi Anda yang Kami kumpulkan, Kami dapat menggunakannya untuk tujuan berikut ataupun tujuan lain yang diizinkan oleh Hukum yang Berlaku (“Tujuan”):

  • menyediakan Layanan dan/atau Produk Kami;
  • mendaftarkan Anda sebagai pengguna pada Platform Kami, dan juga untuk mengadministrasikan dan/atau mengelola akun Anda;
  • menginformasikan Anda atas aktivitas yang terjadi dalam Platform Kami atau platform/sistem lain yang terhubung dengan Platform Kami;
  • berinteraksi langsung dengan Anda serta memberitahu Anda mengenai segala pembaruan atau perubahan pada Personel;
  • mengirimkan Anda informasi sehubungan dengan penggunaan Personel;
  • melakukan pemeliharaan peningkatan, pemecahan masalah, pengembangan dan personalisasi/kustomisasi Personel untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda;
  • mengembangkan layanan baru;
  • memantau, memahami dan menganalisis aktivitas dan perilaku Anda termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Platform;
  • memberikan bantuan atau menyelesaikan aduan sehubungan dengan masalah operasional yang terjadi pada Personel;
  • untuk menghasilkan informasi statistik dan data analitik untuk tujuan pengujian, penelitian, analisis, pengembangan produk;
  • mematuhi semua kewajiban berdasarkan Hukum Yang Berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi permintaan, penyelidikan, atau arahan peraturan dan/atau anggota pemerintah manapun;
  • membantu untuk meningkatkan keamanan dan keandalan layanan Kami. Ini termasuk mendeteksi, mencegah, dan menanggapi penipuan, penyalahgunaan, risiko keamanan, tindakan kriminal, atau penyalahgunaan Layanan Kami, masalah teknis yang dapat membahayakan Zipp Digital, pengguna Kami, atau publik, serta untuk memastikan keamanan dari sistem, arsitektur, dan jaringan IT Kami;
  • tujuan lainnya yang Kami beritahukan kepada Anda, dan/atau apabila disyaratkan oleh Hukum Yang Berlaku, sebagaimana Kami akan memperoleh persetujuan dari Anda.

Kami menggunakan berbagai macam teknologi guna memproses Data Pribadi Anda untuk Tujuan yang disebutkan di atas. Kami menggunakan sistem otomatis yang menganalisis konten Anda untuk memberikan hal-hal seperti hasil pencarian yang disesuaikan atau fitur lainnya yang disesuaikan dengan cara Anda menggunakan layanan Kami. Kami juga menganalisis konten Anda untuk membantu Kami mendeteksi penyalahgunaan seperti spam, malware, dan konten ilegal.

Kami mungkin menggabungkan informasi yang Kami kumpulkan di Layanan Kami di seluruh perangkat Anda untuk Tujuan yang dijelaskan di atas. Bergantung pada setelan akun Anda, aktivitas Anda di situs dan aplikasi lain mungkin dikaitkan dengan Data Pribadi Anda untuk meningkatkan Layanan.

Data Pribadi Anda akan disimpan untuk jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Tujuan dan/atau paling singkat 5 (lima) tahun, mana yang paling lama.

Pengungkapan data pribadi ke pihak lain

Kami tidak akan mengungkapkan, memberikan akses, membagikan, dan/atau menyebarkan Data Pribadi Anda tanpa persetujuan dari Anda kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan ini. Kami hanya akan mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak lain apabila :

  1. berdasarkan persetujuan Anda atau
  2. apabila diizinkan atau dipersyaratkan oleh Hukum Yang Berlaku atau
  3. diinstruksikan oleh pemerintah yang berwenang, atau
  4. berdasarkan perintah pengadilan (sebagaimana relevan).

Selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan ini, Kami dapat mengungkapkan, memberikan akses, dan/atau membagikan Data Pribadi Anda apabila Kami telah memperoleh persetujuan Anda untuk pengungkapan yang bersangkutan. Apabila Anda memberikan persetujuan Anda kepada Kami untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada suatu pihak ketiga, maka Anda mengizinkan Kami untuk mengungkapkan dan mengirimkan data tersebut ke pihak ketiga terpilih dan Anda membebaskan Kami atas segala dampak yang timbul dari pemrosesan Data Pribadi Anda yang dilakukan oleh pihak ketiga tersebut. Kami sarankan Anda untuk memeriksa dan memahami kebijakan privasi yang diberlakukan oleh setiap pihak ketiga dimana Data Pribadi Anda tersebut telah Anda setujui untuk diberikan.

Kami tidak akan menjual atau menyewakan Data Pribadi Anda kepada pihak manapun.

Hak anda

Sehubungan dengan pemrosesan Data Pribadi Anda melalui Platform Kami, Anda berhak untuk:

  • melakukan pembaharuan dan/atau perbaikan kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi Anda yang terekam pada Platform;
  • menarik kembali persetujuan Anda untuk memproses Data Pribadi pada Platform;
  • permintaan penghapusan dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda,

dengan cara memberikan kepada Kami pemberitahuan secara tertulis yang dialamatkan ke apppersonel@gmail.com. Sehubungan dengan permohonan Anda untuk menarik kembali persetujuan Anda, Anda memahami dan mengakui bahwa setelah permohonan Anda diajukan kepada Kami, Anda mungkin tidak lagi dapat menggunakan Personel. Penarikan persetujuan Anda dapat mengakibatkan penghentian akun Anda atau hubungan kontraktual Anda dengan Kami, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul sepenuhnya harus dipenuhi. Setelah menerima pemberitahuan untuk menarik persetujuan untuk pemrosesan Data Pribadi Anda, Kami akan menginformasikan kepada Anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari penarikan tersebut sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda tetap ingin menarik persetujuan tersebut.

Penggunaan cookies

Cookies merupakan berkas teks yang ditempatkan di komputer Anda untuk kepentingan pencatatan. Kami menggunakan cookies untuk membantu Kami memberikan Anda kemudahan dalam menggunakan Produk.

Cookies akan mencatat data Anda seperti data yang Anda simpan ke Platform. Sebagai contoh, jika Anda membuat akun di dalam Platform, cookies akan membantu Kami untuk mengingat data yang spesifik untuk kunjungan Anda berikutnya. Ketika Anda kembali ke dalam Platform, data yang Anda berikan sebelumnya akan diberikan kembali, sehingga akan menjadi lebih mudah apabila Anda mengaktifkan cookies Anda.

Sebagai tambahan, pihak lainnya juga dapat menganalisa data untuk Kami, seperti Google Analytics. Mereka dapat mengumpulkan data Anda yang tidak dapat diidentifikasi sebagai pribadi tentang aktivitas online Anda saat Anda menggunakan Layanan Kami atau mengakses Platform.

Keamanan data pribadi anda

Untuk melindungi Data Pribadi Anda kami akan selalu berusaha meningkatkan keamanan Data Pribadi Anda dengan menggunakan teknologi terbaru dan mematuhi peraturan yang berlaku untuk memenuhi harapan pihak terkait, dan untuk memastikan peningkatan kualitas yang berkelanjutan. Selanjutnya, Kami menjadikan perlindungan Data Pribadi Anda sebagai prioritas Kami dengan menggunakan standar tertinggi untuk mengamankan Data Pribadi Anda.

Meskipun Kami akan berusaha untuk menjaga Data Pribadi Anda, Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Data Pribadi yang Anda berikan melalui internet mengingat pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan akun Anda dan Anda harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.

Perubahan kebijakan

Kami dapat meninjau dan mengubah Kebijakan ini dari waktu ke waktu atas kebijakan Kami sendiri. Jika terdapat perubahan terhadap Kebijakan ini, Kami akan memberikan pemberitahuan kepada Anda melalui pemberitahuan yang dipublikasikan pada Platform dan/atau situs web, atau ke alamat e-mail Anda yang terekam pada Platform Kami. Anda mengakui dan setuju bahwa Anda wajib untuk memeriksa Kebijakan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui kondisi atau informasi terbaru mengenai proses perlindungan Data Pribadi Anda melalui Platform Kami.

Kontak

Apabila Anda ingin mengajukan pertanyaan mengenai pemrosesan Data Anda atau pertanyaan lainnya sehubungan dengan Kebijakan ini, silakan menghubungi Kami melalui email di bawah ini

apppersonel@gmail.com